Kamis, 24 Oktober 2013

Data Collection Methods

Sources of Data

v  Sumber Data Utama
§  Fokus Grup
Anggota umumnya dipilih berdasarkan keahlian mereka dalam topik di mana informasi yang dicari. Misalnya, spesialis komputer dapat dipilih untuk membentuk kelompok fokus untuk membahas hal-hal yang berhubungan dengan komputer dan komputasi.
§  Peran Moderator
Pemilihan dan peran yang dimainkan oleh moderator sangat penting. Moderator memperkenalkan topik, mengamati, dan mengambil catatan dan atau kaset diskusi. Moderator tidak pernah menjadi bagian integral dari diskusi, tetapi hanya mengarahkan kelompok persuasif untuk mendapatkan semua informasi yang relevan, dan membantu anggota kelompok apabila kebuntuan terjadi.
§  Sifat Data Diperoleh Melalui Focus Group
Kelompok fokus digunakan untuk :
-       Studi eksplorasi,
-       Membuat generalisasi berdasarkan informasi yang dihasilkan oleh mereka, dan
-       Melakukan survei sampel.
§  Videoconferencing
Jika variasi regional dalam respon diharapkan, beberapa kelompok fokus dapat dibentuk termasuk moderator terlatih di lokasi yang berbeda. Proses ini mudah difasilitasi melalui videoconference.
§  Panel
Seperti halnya kelompok fokus,Panel adalah sumber informasi utama untuk tujuan penelitian. Sedangkan kelompok fokus bertemu untuk sesi kelompok satu kali, panel (anggota) bertemu lebih dari sekali. Individu dipilih secara acak menjadi anggota panel untuk studi penelitian.
§  Statis dan Dinamis Panel
Panel berbentuk statis (yaitu, anggota yang sama melayani di panel atas waktu yang lama) atau dinamis (yaitu, anggota panel berubah dari waktu ke waktu sebagai berbagai tahapan penelitian yang sedang berlangsung).
§  The Delphi Technique
Teknik delphi adalah metode peramalan yang menggunakan panel kehati-hatian yang  dipilih dari para ahli secara sistematis dan secara interaktif.
§  Unobtrusive Sources
Melacak langkah-langkah, atau tindakan mengganggu. Data ini berasal dari sumber-sumber yang tidak melibatkan orang. Salah satu contoh adalah keausan jurnal di perpustakaan universitas, yang menawarkan indikasi yang baik dari popularitas mereka, frekuensi penggunaan, atau keduanya.
v  Sumber Sekunder
Data tersebut terdapat pada internal atau eksternal organisasi dan diakses melalui internet, teliti direkam, menerbitkan informasi. Data sekunder dapat digunakan, antara lain untuk peramalan penjualan dengan constructing model berdasarkan angka penjualan terakhir, dan melalui ekstrapolasi. Ada beberapa sumber data sekunder, termasuk buku-buku dan majalah, publikasi pemerintah indikator ekonomi, data sensus, Abstrak statistik, basis data , media, laporan tahunan perusahaan, dll.

Data Collection Methods
Metode pengumpulan data merupakan bagian integral dari desain penelitian. Masalah diteliti dengan menggunakan metode yang tepat sangat meningkatkan nilai penelitian. Pemilihan metode pengumpulan data tergantung pada fasilitas yang tersedia, tingkat akurasi yang diperlukan, keahlian peneliti, rentang waktu penelitian, dan biaya lainnya dan sumber daya terkait dengan dan tersedia untuk pengumpulan data.

v  Wawancara
Salah satu metode pengumpulan data adalah untuk mewawancarai responden untuk memperoleh informasi tentang isu-isu yang menarik. Wawancara bisa terstruktur atau terstruktur, dan dilakukan tatap muka atau baik melalui telepon atau online.
§  Wawancara tidak terstruktur
Wawancara tidak terstruktur dikatakan demikian karena pewawancara tidak masuk dalam pengaturan wawancara dengan urutan rencana pertanyaan yang akan ditanyakan kepada responden. Tujuan dari wawancara tidak terstruktur adalah untuk membawa beberapa masalah awal ke permukaan sehingga peneliti dapat menentukan variabel apa butuhkan lanjut penyelidikan mendalam
§  Wawancara Terstruktur
Wawancara terstruktur adalah wawancara yang dilakukan ketika diketahui pada awal informasi apa yang dibutuhkan. Pewawancara memiliki daftar pertanyaan yang telah ditentukan diminta dari responden baik secara pribadi, melalui telepon, atau melalui media PC. Pertanyaan cenderung berfokus pada faktor-faktor yang muncul selama wawancara terstruktur dan dianggap relevan dengan masalah.
§  Training Interviews
Ketika beberapa wawancara yang panjang akan dilakukan, satu individu sering tidak layak untuk untuk melakukan semua wawancara. Sebuah tim pewawancara terlatih kemudian menjadi perlu.
§  Face-to-Face Wawancara
Keuntungan. Keuntungan utama dari tatap muka atau wawancara langsung adalah bahwa peneliti dapat menyesuaikan pertanyaan yang diperlukan, memperjelas keraguan, dan memastikan bahwa tanggapan dipahami dengan benar, dengan mengulang atau mengulang pertanyaan. Peneliti juga dapat mengambil isyarat nonverbal dari responden. Setiap ketidaknyamanan, stres, atau masalah bahwa pengalaman responden dapat dideteksi melalui mengerutkan kening, penyadapan saraf, dan bahasa tubuh lainnya tidak sadar dipamerkan oleh dia. Ini tidak mungkin untuk mendeteksi dalam sebuah wawancara telepon.
Kekurangan. Kelemahan utama wawancara tatap muka adalah keterbatasan geografis mereka mungkin memaksakan pada survei dan sumber daya yang luas diperlukan jika survei tersebut perlu dilakukan secara nasional maupun internasional. Biaya pelatihan pewawancara untuk meminimalkan bias pewawancara (misalnya, perbedaan dalam pertanyaan-tioning metode, interpretasi tanggapan) juga tinggi. Kelemahan lain adalah bahwa responden mungkin merasa gelisah tentang anonimitas tanggapan mereka ketika mereka berinteraksi tatap muka dengan pewawancara.
§  Wawancara Telepon
Keuntungan. Keuntungan utama dari telepon wawancara, dari sudut pandang peneliti, adalah bahwa sejumlah orang yang berbeda dapat dicapai (jika perlu, di seluruh negeri atau bahkan internasional) dalam waktu yang relatif singkat. Dari sudut pandang responden itu akan menghilangkan ketidaknyamanan bahwa beberapa dari mereka mungkin merasa dalam menghadapi pewawancara. Hal ini juga mungkin bahwa kebanyakan dari mereka akan merasa kurang nyaman mengungkapkan informasi pribadi melalui telepon daripada muka dengan muka.
Kekurangan. Kelemahan utama telepon wawancara adalah bahwa responden secara sepihak bisa mengakhiri wawancara tanpa peringatan atau penjelasan, dengan menggantung telepon. Caller ID mungkin lebih memperburuk situasi. Hal ini dapat dipahami, mengingat panggilan telemarketing banyak orang dibombardir dengan setiap hari.
§  Computer-Assisted Wawancara
Dengan wawancara yang dibantu komputer (CAI), berkat teknologi modern pertanyaan yang melintas ke layar komputer dan pewawancara dapat memasukkan jawaban dari responden langsung ke komputer. Keakuratan data pengumpulan yang sangat meningkat karena perangkat lunak dapat diprogramkan.
v  Kuesioner

Kuesioner adalah sebuah set pertanyaan yang telah disusun dan responden menggunakannya untuk mencatat jawabannya. Biasanya jawaban-jawaban atas pertanyaan ada dalam bentuk alternatif-alternatif jawaban.
§  Personally administered Quetionnires
Keuntungan utama dari ini adalah bahwa peneliti atau anggota dari tim peneliti dapat mengumpulkan semua tanggapan diselesaikan dalam waktu singkat.
§  Kuesioner Mail
Keuntungan utama dari kuesioner mail adalah wilayah geografis yang luas dapat tercakup dalam survei.
§  Bahasa dan Kalimat dari Kuesioner
Bahasa kuesioner harus mendekati tingkat pemahaman responden. Pilihan kata-kata akan tergantung pada tingkat pendidikan, penggunaan istilah dan idiom dalam budaya, dan kerangka acuan dari responden.
v  Observasi
Observasi atau pengamatan merupakan salah satu teknik pengumpulan data atau fakta yang cukup efektif untuk mempelajari suatu sistem. Observasi merupakan pengamatan langsung para pembuat keputusan berikut lingkungan fisiknya dan atau pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang berjalan.
Kelebihan :
-     Derajat kepercayaan tinggi
-     Konteks sosial yang diamati belum dipengaruhi faktor lain (natural)
-     Tidak terbatas hanya pada manusia
-     Dapat menggunakan alat bantu
Kelemahan :
-     Memerlukan waktu yang lama
-     Kurang efektif mengamati gejala pada individu seperti sikap, motivasi, pandangan dan sebagainya
-     Tidak dapat mengamati gejala yang peka / rahasia
-     Tidak dapat mengamati gejala masa lampau.
Etika Dalam Pengumpulan Data
v  Etika Peneliti
§  Menjagainformasi yang diberikan oleh responden sebagai rahasia dan menjaga privasi nya adalah salah satu tanggung jawab utama peneliti .
§  Peneliti tidak harus menggambarkan sifat penelitian untuk mata pelajaran , terutama dalam percobaan laboratorium .
§  Informasi pribadi atau tampaknya mengganggu tidak harus diminta , dan jika benar-benar diperlukan untuk proyek tersebut , harus disadap dengan sensitivitas tinggi terhadap responden , menawarkan alasan khusus untuk itu .
§  Apapun sifat metode pengumpulan data , harga diri dan harga diri dari subyek tidak boleh dilanggar .
§  Tidak ada yang harus dipaksa untuk menanggapi survei dan jika seseorang tidak ingin memanfaatkan kesempatan untuk berpartisipasi , keinginan individu harus dihormati .
§  Nonpartisipan - pengamat harus sebagai nonintrusive mungkin. Dalam penelitian kualitatif , nilai-nilai pribadi bisa dengan mudah bias data. 7 . Dalam studi laboratorium , subyek harus debriefed dengan pengungkapan penuh alasan untuk percobaan setelah mereka particpated dalam penelitian ini .
§  Subyek tidak boleh terkena situasi di mana mereka bisa tunduk pada kerusakan fisik maupun mental. Peneliti harus mengambil tanggung jawab pribadi untuk keselamatan mereka .
§  Harus ada benar-benar tidak keliru atau distorsi dalam melaporkan data yang dikumpulkan selama penelitian .
v  Perilaku Etis Responden
§  Subyek , sekali telah melaksanakan pilihan untuk berpartisipasi dalam sebuah studi , harus bekerja sama sepenuhnya dalam tugas-tugas ke depan , seperti menanggapi survei atau mengambil bagian dalam percobaan .
Responden juga memiliki kewajiban untuk jujur ​​dan jujur ​​dalam tanggapan 

0 komentar:

Posting Komentar