1. Apakah
strategi Wal-Mart? Apakah basis yang dibangun oleh Wal-Mart pada keunggulan
kompetitifnya?
Jawaban:
Wal-Mart
berhasil membangun strategi jangka pendek dan panjang yang tepat bagi
perusahaan. Strategi yang membuat Wal-Mart menjadi yang terbaik dalam hal
penjualan didasarkan bahwa Wal-Mart menjual produk yang bermerek dengan biaya
rendah. Wal-Mart pun tidak memiliki ketergantungan pada salah satu pemasok,
pada kasus ini disampaikan bahwa tidak ada vendor tunggal/pemasok Wal-Mart yang
volume penjualan keseluruhannya melebihi angka 4%.
Hal
lain yang membuat perusahaan ini unggul adalah pada penerapan sistem
distiribusinya. Wal-Mart mengirim barang dagangan dengan sistem distribusinya
sendiri ke toko-tokonya. Pusat distribusi ditempatkan sedemikian strategis
sehingga dapat melayani 150-200 toko dalam sehari.
Adapun
basis yang dibangun oleh Wal-Mart sehingga bisa memperoleh keunggulan
kopetitifnya yaitu, Wal-Mart berhasil merancang sistem dan proses yang bisa
memberikan motivasi kepada karyawan untuk loyal dan melaksanakan strategi yang ditetapkan
oleh CEO secara tepat. Dengan loyalitas dan semangat kerja karyawannya,
Wal-Mart berhasil mengurangi biaya yang signifikan yaitu pencurian kecil
(shoplifting atau pilferage). Wal-Mart berhasil menangani permasalahan ini
dengan menerapkan kebijakan yang berbagi 50% dari penghematannya dari penurunan
pencurian satu toko diantara karyawan toko itu melalui rencana insentif toko.
Kompensasi
lain yang diberikan Wal-Mart sebagai imbalan atas loyalitas dan pengabdian karyawannya
adalah Wal-Mart menawarkan bagi hasil. Setiap karyawan (associate) yang telah
bekerja setidaknya satu tahun dan yang bekerja 1.000 jam selama setahun,
mempunyai bagi hasil. Dengan menggunakan rumus yang didasarkan pada pertumbuhan laba, Wal-Mart memberi
konstribusi persentasi dari upah setiap karyawan yang berhak atas bagi hasil,
yang dapat diambil karyawan bila mereka meninggalkan perusahaan, secara tunai
atau dalam saham Wal-Mart.
Wal-Mart
juga menerapkan beberapa kebijakan dan program untuk karyawannya. Insentif
bonus, rencana pembelian saham diskon, promosi dari dalam, kenaikan gaji yang
di dasarkan pada kinerja bukan senioritas, dan kebijakan pintu terbuka.
2. Bagaimana
sistem pengendalian Wal Mart’s membantu pelaksanaan strategi perusahaan?
Jawaban:Sistem pengendalian Wal-Mart yang membantu pelaksanaan strategi perusahaan adalah dengan menerapkan teknologi electronis, dimana penjualan, beban, serta rugi dan laba dikumpulkan dan dapat dianalisis secara tepat waktu.Sistem pengendalian yang lain yaitu dengan memberikan kompensasi berbagi 50% kepada karyawannya dari penghematan atas penurunan pencurian pada suatu toko. Dengan kebijakan ini Wal-Mart telah menerapkan sistem pendendalian keamanan yang dilaksanakan oleh karyawan yang dapat mengurangi kerugian karena pencurian produk (shoplifting atau pilferage) pada satu toko.
0 komentar:
Posting Komentar