SOUTHWEST
AIRLINES CORPORATION
Strategi
yang digunakan oleh Southwest Airlines Corporation dapat dilihat pada deskripsi
yang menjelaskan tentang perbedaan Perusahaan ini dengan perusahaan penerbangan
lain pada umumnya. Southwest menerapkan basis Strategi Diferensisasi produk/pelayanan. Penerapan strategi yang
berbeda tersebut diantaranya :
1.
Southwest
tidak menggunakan pendekatan “hub-and-spoke yang digunakan oelh perusahaan
penerbangan besar lain, seperti United, American dan Delta. Pendekatannya
adalah short-haul atau trayek pendek
(waktu penerbangan rata-rata adalah 55 menit dan point-to-point atau titik ke titik (misalnya, dallas ke houston,
Los Angeles ke Phoenix).
2.
Southwest
tidak memiki tempat duduk yang telah dijatahkan.
3.
Membayar
awaknya menurut trayek.
4.
Menggunakan
bandara yang kurang padat (misalnya Baltimore dan bukan Washington’s Dulles
atau Reagan; Manchester, N.H., dan bukan Boston, Mass).
5.
Reservasi
online melalui southwest.com.
6.
Pilot
yang direkrut tidak menjadi anggota serikat nasional.
7.
Membutuhkan
petugas landasan yang lebih sedikit dan waktu yang dibutuhkan untuk. pesawat
ketika medarat sampai siap untuk lepas landas hanya sektitar 20 menit lebih
singkat dibanding waktu penyelesaian United Airlines.
8.
Proses
penyaringan karyawan baru dilakukan oleh masing-masing karyawan di setiap
posisi.
Dengan
Basis strategi diferensiasi di atas, Southwest mampu membangun keunggulan
kompetitifnya yakni memiliki struktur biaya operasi paling rendah dalam
industri penerbangan domestik dan secara konsisten menwarkan ongkos paling
sederhana dan paling rendah di Amerika Serikat sesuai data keuangan komparatif
pada perusahaan-perusahaan terpilih.
0 komentar:
Posting Komentar