Minggu, 26 Januari 2014

Case Study 3-1 Southwest Airlines Corporation_Sistem Pengendalian Manajemen


SOUTHWEST AIRLINES CORPORATION

*      Strategi yang digunakan oleh Southwest Airlines Corporation dapat dilihat pada deskripsi yang menjelaskan tentang perbedaan Perusahaan ini dengan perusahaan penerbangan lain pada umumnya. Southwest menerapkan basis Strategi Diferensisasi produk/pelayanan. Penerapan strategi yang berbeda tersebut diantaranya :
1.      Southwest tidak menggunakan pendekatan “hub-and-spoke yang digunakan oelh perusahaan penerbangan besar lain, seperti United, American dan Delta. Pendekatannya adalah short-haul atau trayek pendek (waktu penerbangan rata-rata adalah 55 menit dan point-to-point atau titik ke titik (misalnya, dallas ke houston, Los Angeles ke Phoenix).
2.      Southwest tidak memiki tempat duduk yang telah dijatahkan.
3.      Membayar awaknya menurut trayek.
4.      Menggunakan bandara yang kurang padat (misalnya Baltimore dan bukan Washington’s Dulles atau Reagan; Manchester, N.H., dan bukan Boston, Mass).
5.      Reservasi online melalui southwest.com.
6.      Pilot yang direkrut tidak menjadi anggota serikat nasional.
7.      Membutuhkan petugas landasan yang lebih sedikit dan waktu yang dibutuhkan untuk. pesawat ketika medarat sampai siap untuk lepas landas hanya sektitar 20 menit lebih singkat dibanding waktu penyelesaian United Airlines.
8.      Proses penyaringan karyawan baru dilakukan oleh masing-masing karyawan di setiap posisi.

Dengan Basis strategi diferensiasi di atas, Southwest mampu membangun keunggulan kompetitifnya yakni memiliki struktur biaya operasi paling rendah dalam industri penerbangan domestik dan secara konsisten menwarkan ongkos paling sederhana dan paling rendah di Amerika Serikat sesuai data keuangan komparatif pada perusahaan-perusahaan terpilih.

Sistem pengendalian Southwest dapat dikatakan membantu melaksanakan strategi perusahaan, hal ini dapat dijelasakan dari penerapan sistem pengendalian yang menghantarkan Southwest menjadi perusahaan penerbangan tersukses di Amerika Serikat dan menjadi salah satu perusahaan penerbangan yang paling dikagumi di dunia. sebagai contoh sistem perekrutan yang dilakukan atas dasar sikap (attitude) selaras dengan kecerdasan oleh karyawan yang benar-benar paham tentang posisinya, yang sudah tentu akan meningkatkan mutu dari karyawan, dan menjaga kenyamanan pelanggan Southwest.

0 komentar:

Posting Komentar