Kamis, 06 Juni 2013

Anggaran Fleksibel dan Perhitungan Selisih

     Anggaran fleksibel memperhitungkan perubahan-perubahan biaya yang terjadi sebagai konsekuensi dari perubahan aktivitas. Anggaran fleksibel memberikan estimasi mengenai berapakah biaya yang seharusnya terjadi untuk setiap tingkat aktivitas dalam rentang tertentu. Pada saat anggaran fleksibel digunakan dalam evaluasi kinerja, biaya aktual dibandingkan dengan biaya yang seharusnya terjadi pada tingkat aktivitas aktual selama periode tertentu dan bukan dengan biaya yang dianggarkan dari anggaran awal. Jika penyesuaian untuk tingkat aktivitas tidak dibuat, maka sangat sulit untuk menginterpretasikan biaya aktual dengan yang dianggarkan. Ide dasar pendekatan anggaran fleksibel adalah bahwa anggaran tersebut tidak harus statis. Berdasarkan tingkat aktivitas seungguhnya, anggaran dapat disesuai-kan untuk menunjukkan berapa besar biaya untuk tingkat aktivitas tertentu.
     Anggaran statis dibuat pada awal periode penganggaran dan validitasnya hanya untuk tingkat aktivitas yang direncanakan. Pendekatan anggaran statis sesuai untuk tujuan  perencanaan, namun tidak sesuai untuk mengevaluasi bagaimana biaya-biaya dikendalikan. Apabila suatu aktivitas aktual dalam periode tertentu berbeda dengan yang direncanakan, maka akan sulit untuk membandingkan biaya-biaya aktual dengan anggaran statis. Apabila aktivitas lebih tinggi dari yang diharapkan, biaya-biaya variabel seharusnya lebih tinggi dari yang diharapkan dan apabila aktivitas lebih rendah dari yang diharapkan, maka biaya variabelnya akan lebih rendah dari yang diharapkan.
 Paling sedikit ada 3 faktor yang penting dalam penyeleksian dasar aktivitas untuk anggaran fleksibel biaya overhead pabrik.
1.   Harus ada hubungan sebab akibat antara dasar aktivitas dengan biaya over-head pabrik vadabel.
2.   Dasar aktivitas sebaiknya dinyatakan dalam mata uang.
3.   Dasar aktivitas seharusnya sederhana dan mudah untuk dipahami.

VARIANS BIAYA OVERHEAD VARIABEL
Varians efisiensi dan varians pengeluaran
Menginteprentasikan Varians Efisiensi seperti halnya Varians pengeluaran biaya overhead variable, variansi efisiensi biaya overhead variable hanya berguna jika penggerak biaya overhead variable menggunakan jam aktual yang digunakan. Kemudian setiap kenaikan jam aktual yang digunakan seharusnya mengakibatkan penambhan biaya overhead variable. Konsekuensinya jika semakin banyak jam yang digunakan untuk menghasilkan output yang aktual, hal ini mungkin akan menghasilkan kenaikan biaya overhead variable.
Varians efisiensi biaya overhead variable adalah perkiraan dampak perkiraan inefisiensi biaya overhead variable dengan menggunakan dasar yang ada. varians efisiensi biaya overhead variable adalah fungsi dari perbedaan antara jam aktual yang terjadi dan jam yang seharusnya digunakan untuk menghasilkan output periode tersebut.
Penentuan Biaya Berdasar Aktivitas dan Anggaran Fleksibel
Tidak mungkin bahwa semua biaya overhead variable dalam organisasi yang kompleks dipicu oleh factor seperti jumlah unit yang dihasilkan atau jam kerja atau jam mesin. Penentuan biaya berdasar aktivitas menyediakan berbagi cara dalam mengenali berbagai macam pemicu biaya overhead dan oleh karena itu meningkatkan keakuratan sistem biaya. Dalam menentukan biaya berdasarkan aktivitas, tiap-tiap kelompok biaya overhead mempunyai ukuran aktivitas tersendiri.
Satu-satunya perbedaan adalah rumus biaya overhead ini dinyatakan  dalam bermacam-macam aktivitas yang berbeda dan tidak dinyatakan dalam ukuran unit atau ukuran umum aktivitas seperti jam kerja langsung atau jam mesin.
ANALISIS TARIF BIAYA OVERHEAD dan BIAYA OVERHEAD TETAP
Anggaran Fleksibel dan Tarif Overhead
Biaya tetap merupakan komponen yang jumlahnya besar dan tidak dapat dibagi-bagi, yang diartikan tidak mengalami perubahan dengan adanya perubahan tingkat aktivitas dalam rentang tertentu. Hal ini menimbulkan masalah dalam perhitungan biaya produk, karena rata-rata biaya tetap per unit berubah-ubah sesuai dengan tingkat aktivitas.
Ketika kita membicarakan tarif biaya overhead, kita tidak menjelaskan bagaimana estimasi total biaya manufaktur ditentukan. Angka ini dapat diperoleh dari anggaran fleksibel.
Varians Anggaran
Varians Anggaran = Biaya overhead tetap actual – Anggaran Biaya overhead tetap
 
Varians anggaran adalah selisih antara biaya overhead tetap actual selama periode tersebut dengan biaya overhead tetap yang dianggarkan dalam anggaran fleksibel. Rumus anggaran Varians

Varians anggaran untuk biaya overhead tetap dapat sangat berguna, karena mencerminkan perbedaan antara berapa banyak yang harus dikeluarkan dan berapa banyak yang sesungguhnya harus dikeluarkan.
Varians Volume – Tinjauan Lebih Dalam
Varians volume adalah ukuran penggunaan fasilitas pabrik. Varians tersbut timbul bilamana jam standar yang diperkenankan untuk output dalam periode tersebut berbeda dengan tingkat aktivitas denominator yang sudah direncanakan pada saat periode dimulai.
Ringkasnya, varians volume :
1.      Jika aktivitas denominator sama dengan standar yang diperkenankan dalam periode tersebut, maka tidak ada varians volume
2.   Jika aktivitas denominator lebih besar dari jam standar yang diperkenankan dalam aktivitas tersebut, maka timbul varians volume tidak menguntungkan menandakan penggunaan fasilitas yan lebih rendah dibandingkan yang telah direncanakan
3.    Jika aktivitas denominator lebih sedikit dari jam standar yang diperkenankan dalam periode tersebut, maka timbul varian volume yang menguntungkan. Menandakan penggunaan tinggi terhadap fasilitas yang tersedian dibandingkan dengan yang telah direncanakan
Yang perlu Diperhatikan dalam Analisis Biaya Overhead Tetap
Varians volume pada biaya overhead tetap muncul karena ketika pembebanan biaya ke barang dalam proses, kita menerapkan seolah-olah biaya tetap adalah variable dan tergantung pada aktivitas. Memperlakukan biaya tetap seolah-olah merupakan biaya variable, penting untuk tujuan perhitungan biaya produk, tetapi terdapat beberapa bahaya, yaitu manajer dapat denganmudah menjadi tersesat dan mulai berpikir bahwa biaya tetap pada kenyataannya adalah biaya variable
Varians Overhead dan Biaya Overhead yang Dibebankan Terlalu Rendah dan Terlalu Tinggi
Biaya overhead yang dibebankan terlalu tinggi atau terlalu rendah adalah selisih antara jumlah biaya overhead yang dibebankan ke produk dengan biaya overhead actual selama periode tersebut. Jumlah varian overhead sama dengan biaya overhead yang dibebankan terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk periode tersebut.
Dalam sistem biaya standar, varians yang tidak menguntungkan sama dengan overhead yang dibebankan terlalu rendah dan varians yang menguntungkan sama dengan overhead yang dibebankan terlalu tinggi.

0 komentar:

Poskan Komentar