Selasa, 03 Juni 2014

Teori Aset


IASB (AASB) mendefinisikan aset sebagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dimana diharapkan mendapatkan  manfaat ekonomi di masa depan. Berikut definisi aset dengan hubungannya dalam tiga karakteristik :

§  Manfaat ekonomi di masa depan (Future Economic Benefit)

IASB Framework mendefinisikan nilai dari aset yang memiliki manfaat ekonomi dimasa depan dimana berkaitan dengan kegiatan yang menghasilkan laba. Ada dua karakteristik utama dari sumber daya ekonomi : kelangkaan dan utilitas. jika sumber daya tidak langka (ada cukup untuk semua orang yang menginginkannya) maka sumber daya tersebut tidak akan menjadi 'ekonomi'. utilitas berkaitan dengan manfaat masa depan atau layanan. Kita bisa termasuk dalam pengertian utilitas semua manfaat ekonomis masa depan dengan pertimbangan bahwa manfaat tersebut pada akhirnya berhubungan dengan kepuasan yang manusia inginkan.

§  Kendali oleh entitas (Control by an Entity)

Manfaat ekonomi harus dikendalikan oleh entitas untuk memenuhi syarat sebagai aset. Pernyataan Ijiri :

“Accounting is not concerned with economic resource in general, but only those which are under the control of a given entity.”

Maksudnya, akuntansi tidak peduli dengan sumber daya ekonomi pada umumnya, tetapi hanya mereka yang berada di bawah kendali suatu entitas yang diberikan. Aset harus dimiliki sebelum dapat dianggap sebagai aset oleh perusahaan.  Kepemilikan sering bersamaan dengan kontrol, tetapi bukan merupakan karakteristik penting dari aset. misalnya, pertimbangkan agen yang memiliki barang untuk dijual atas nama pelaku. barang tidak aset agen, tetapi agen memiliki kontrol kepemilikan dan karena itu. posisi alternatif juga mungkin, dimana ada manfaat dari kepemilikan tanpa kepemilikan, seperti dalam kasus perjanjian sewa.

§  Kejadian-kejadian dimasa lalu (Past Events)

Termasuk kualifikasi yang aset harus dikendalikan oleh pelaporan sebagai akibat kejadian di masa lalu untuk memastikan aset yang dikecualikan. misalnya, mesin sudah diakuisisi oleh perusahaan adalah aset, tetapi sebuah mesin yang akan diperoleh sesuai dengan anggaran bukanlah aset sampai telah diakuisisi, sejak peristiwa, transaksi pembelian, belum terjadi.

§  Dipertukarkan (Exchangeability)

Beberapa penelitian berpendapat bahwa definisi aset harus mencakup kondisi bahwa aset akan dipertukarkan. Dipertukarkan dalam artian item dipisahkan dari entity, dan bahwa nilai disposal yang terpisah dari nilai entri.  Pada tahun 1939, MacNeal menyatakan:

A good that lacks axchangeability must lack economic value because its purchase or sale must forever remain impossible, and thus no market price for it can ever exist. Maksudnya, Baik yang tidak memiliki dipertukarkan harus nilai ekonomi karena kurangnya pembelian atau penjualan selamanya harus tetap tidak mungkin, dan dengan demikian tidak ada harga pasar untuk itu yang bisa eksis.

v  Pengakuan Aset (Asset Recognition)

Jelas bahwa mengakui asset lebih penting dari sekedar mendefinisikan aset. Mengakui aset pada neraca juga melibatkan kondisi yang bisa disebut “Recognition Rules”. Beberapa aturan pengakuan secara informal sebagai konvensi, dan lainnya secara resmi ditunjuk dalam pernyataan otoritatif. Dua contoh dari aturan pengakuan konvensional :

»        Akun piutang dicatat sebagai asset ketika penjualan kredit dibuat.

»        Peralatan dicatat sebagai asset ketika dibeli.

v  Pengukuran Aset (Asset Measurement)

Ketika criteria pengakuan dipertemukan, akuntan harus menentukan bagaimana mengukur asset. Dasar pengukuran asset :

§  Aset berwujud (Tangible Asset)

Pendekatan tradisional  mengukur asset berdasarkan biaya historis. Sehubungan dengan IAS 16, manajer dapat memilih untuk menggunakan model revaluasi untuk pengukuran selanjutnya. Pengukuran dapat didasarkan pada nilai pasar yang diberikan oleh nilai profesional berkualifikasi atau dapat diperkirakan oleh entitas berdasarkan pendapatan disusutkan atau pendekatan biaya pengganti.

§  Aset tidak berwujud (Intangible Asset)

Akuntansi standar mengharuskan kita mengukur aset tidak berwujud dengan harga perolehan. Penggunaan model nilai saat aktiva tidak berwujud jarang ditemukan, karena aset tidak berwujud tidak memiliki biaya pasar aktif. Salah satu cara internal aktiva tidak memiliki berwujud dapat muncul dalam neraca adalah melalui kapitalisasi dari biaya pengembangan. Penilaian aset tidak berwujud cukup controversial karena melibatkan penilaian subjektif dari nilai wajar.

§  Instrument Financial (Instruments Financial)

Tiga kategori dari asset yang termasuk sebagai financial asset. IAS 39 menciptakan kategori yang terpisah dari asset keuangan dan kewajiban dan memperkenalkan asosiasi peraturan pengukuran. Bagaimana seharusnya asset dan kewajiban di ukur ? kita tahu dominasi pengukuran asset adalah historical cost.

v  Tantangan Bagi Penyusun Standar

Pembuatan kerangka konseptual mempengaruhi penyusunan standar untuk mengingat model pengukurannya. Pengkritik mengklaim standar IASB yang memperkenalkan penggunaan pengukuran Nilai wajar, meskipun Cairns bersikukuh menolak klaim tersebut. Cairns mengatakan bahwa IFRS yang memperkenalkan pengukuran Nilai wajar pada beberapa tanggal neraca dan beberapa aset dan liabilitas keuangan.

            Bagaimana menghitung pengukuran nilai wajar

FASB dalam SFAS 157 Fair Value Measurements memberikan contoh teknik penilaian yang biasa digunakan untuk mengestimasi nilai wajar :

§  Pendekatan pasar

Menggunakan harga pasar yang ada. Berapa harga jual aset yang dinilai dengan kondisi yang sama (menggunakan dasar aset yang sejenis).\

§  Pendekatan Income

Harga jual yang lebih kecil dengan nilai wajar. Harapan akan nilai yang diperoleh dari pengoperasionalan Aset

§  Pendekatan Biaya

Pendekatan biaya disesuaikan dengan mendasarkan diri pada kondisi yang sebenarnya.

v  Isu Oleh Auditor
Jika menggunakan Historical cost lebih mudah. Kita tinggal mencocokan angka dengan bukti pendukung jika menggunakan nilai wajar tidak hanya melihat angka dari nilai wajarnya tetapi juga disesuaikan dengan prosedur pelaksanaan nilai wajar.

_Rangkuman Materi Teori Akuntansi Godfrey_

0 komentar:

Posting Komentar