Selasa, 03 Juni 2014

Kerangka Konseptual Teori Akuntansi


v  Peran Suatu Kerangka Kerja Konseptual

Kerangka kerja konseptual dari tingkat akuntansi, bertujuan untuk menyediakan struktur teori akuntansi. Pada tingkat tertinggi yang teoritis, menyatakan ruang lingkup dan tujuan pelaporan keuangan. Pada tingkat konseptual berikutnya mendasar, mengidentifikasi dan mendefinisikan karakteristik kualitatif informasi keuangan (seperti relevansi, keandalan, komparatif, dan dimengerti) dan elemen dasar akuntansi (seperti aktiva, kewajiban, ekuitas, biaya pendapatan, dan keuntungan) . di tingkat operasional yang lebih rendah, kesepakatan kerangka kerja konseptual dengan prinsip dan aturan pengakuan dan pengukuran elemen dasar dan jenis informasi yang akan ditampilkan dalam laporan keuangan. Kerangka konseptual diperlukan pelaporan keuangan (laporan keuangan dan penjelasan tambahannya) Pelaporan keuangan adalah informasi yang diperlukan untuk keperluan stakeholder dalam pengambilan keputusan terdiri dari Laporan keuangan dan Catatan singkat (disclosure dan informasi tambahan). FASB mendefinisikan kerangka konseptual sebagai  ‘‘Sebuah sistem yang koheren dari tujuan dan fundamental yang saling berkaitan yang diharapkan dapat mengarah pada standar yang konsisten dan yang menentukan sifat, fungsi, dan batasan dari akuntansi dan pelaporan keuangan’’.

 

v  Tujuan untuk Kerangka Kerja Konseptual

IASB dan FASB mempertimbangkan kerangka tujuan utama pelaporan keuangan adalah untuk mengkomunikasikan informasi keuangan kepada pengguna. informasi tersebut akan dipilih salah satu dasar kegunaannya dalam proses pengambilan keputusan ekonomi. Tujuan ini terlihat ingin dicapai akan pelaporan yaitu:

§  Berguna dalam pengambilan keputusan ekonomi.

§  Berguna dalam menilai prospek arus kas.

§  Tentang sumber daya perusahaan, klaim terhadap sumber daya dan perubahan di dalamnya.

Kerangka IASB dikembangkan mengikuti jejak dari pembuat standar AS (FASB), pada periode 1987-2000 FASB menerbitkan laporan konsep tujuh mencakup topik-topik berikut:

§  Tujuan dari pelaporan keuangan oleh perusahaan bisnis dan organisasi non-profit

§  karakteristik kualitatif informasi akuntansi akuntansi yang berguna

§  unsur-unsur laporan keuangan

§  kriteria untuk pengakuan dan pengukuran unsur-unsur

§  penggunaan arus kas dan menyajikan informasi nilai dalam pengukuran akuntansi.

IASB memiliki konsep laporan hanya satu, kerangka atas penyusunan dan penyajian laporan keuangan. itu dikeluarkan oleh IASC, organisasi pendahulu ke IASB, pada tahun 1989 dan kemudian diadopsi oleh IASB pada tahun 2001. kerangka menggambarkan konsep-konsep dasar dengan yang laporan keuangan disusun. Ini berfungsi sebagai panduan untuk tidak menyasar langsung dalam IAS atau IFRS atau interpretasi. IASB menyatakan bahwa kerangka:

§  Menentukan tujuan laporan keuangan

§  Mengidentifikasi karakteristik kualitatif yang membuat informasi dalam laporan keuangan   berguna

§  Mendefinisikan elemen dasar laporan keuangan dan konsep untuk pengakuan dan
pengukuran mereka dalam laporan keuangan.

 

v  Pengembangan Kerangka Konseptual

Pengaturan standar berdasarkan aturan dan prinsip Pengaturan standar ada yang dipengaruhi prinsip dan ada yang dipengaruhi aturan dari lingkungan pengambilan keputusan. Terdapat dua studi yang digunakan dalam penyusunan kerangka konseptual yaitu principle based dan rule based.

§  Konsep principle–based accounting meletakkan tujuan kunci dalam pelaporan keuangan, kemudian menyediakan landasan untuk menjelaskan tujuan tersebut. Jika timbul keragu–raguan mengenai sebuah aturan, pembaca diarahkan kembali ke landasan prinsip tersebut. Disini terdapat professional judgment yang harus dibuat oleh akuntan jika menghadapi situasi tertentu. Prinsip ini cukup fleksibel untuk diterapkan

§  Konsep Ruled – based accounting menyadarkan penyusunan pelaporan keuangan pada aturan yang ada sehingga akuntan hanya perlu untuk melihat secara detail aturan yang Prinsip ini bersifat memaksa dan kaku tapi cukup efektif menghindari earning manajemen.

 

v  Kritik terhadap Kerangka Konseptual

Terdapat dua focus dalam mengkritik kerangka konseptual yaitu kritik ilmiah dan nilai professional. Focus dalam kritik ilmiah terbagi dalam 3 bagian yaitu:

§  Asumsi ontology dan epistimologi

§  Kerancuan penalaran

§  Disiplin yang tidak ilmiah

Sedangkan focus nilai professional dibagi 3 bagian yaitu:

§  Riset positif

§  Kerangka konseptual sebgai dokumen kebijakan

§  Self preservation

v  Kerangka Konseptual Untuk Standar Auditing
Menurut Mautz dan Sharaf Auditing bukanlah subdivisi dari akuntansi melainkan suatu disiplin berdasarkan logika. Pemikiran ini menjadi dasar bahwa auditor tidak dibtasi secara natural dalam memverivikasi informasi akuntansi. Oleh karena itu pada sekitar tahun 1970 Mautz dan Sharaf mengembangkan ASOBAC (statement of basic auditing concepts) yang diterbitkan oleh ikatan akuntan amerika. ASOBAC berfokus pada proses pengumpulan bukti , dan evaluasi bukti. Seiring berjalannya waktu perkembangan jasa audit mulai mengalami perubahan seiring berjalannya COSO, auditor semakin berhati hati dalam mengaudit perusahaan dan mulai memperthatikan pengendalian internal. Klien dengan pengendalian internal yang baik menyediakan kesempatan untuk mengefisienkan proses audit dan memperkecil biaya.

_Rangkuman Materi Teori Akuntansi Godfrey_

0 komentar:

Posting Komentar