v Teori regulasi yang
relevan dengan akuntansi keuangan dan auditing
Teori pasar capital menganjurkan bahwa
manajemen akan mendapatkan insentif jika sukarela menyediakan informasi
akuntansi kepada pihak diluar perusahaan dan membuat informasi tersebut diverivikasi
oleh auditor independen. Terdapat beberapa teori yang relevan untuk memahami
regulasi dari laporan keuangan antara lain:
§ Teori
efesiensi pasar
Ekonom pasar bebas akan
berargumen bahwa fungsi pasar beroprasi baik tanpa intervensi pemerintah. Dan
dengan efesiensi yang maksimum akan dicapai dengan dorongan permintaan dan
penawaran yang diatur oleh pasar.. Akuntansi dapat juga dilihat sebagai
industry informasi dengan itu bisnis dari akuntansi adalah memproduksi
informasi. Pembela dari penganjur pasar bebas berargumen “seperti produk
lainnya kekuatan permintaan dan penawaran harus beroprasi, terdapat permintaan
untuk informasi akuntansi oleh pengguna dan penewaran informasi tersebut dari
perusahaan yang membuat laporan keuangan. Sebuah titik keseimbangan harga
terbentuk secara teori pada informasi akuntansi” .
§ Teori
Agensi
Permintaan dari
informasi keuangan dapat dikategorikan sebagai keinginan untuk melakukan
pengambilan keputusan. Atkinson dan Feltham berargumen bahwa bahwa teori agensi
mengingatkan tentang permintaan tentang
informasi keuangan. Teori aggensi berkonsentrasi pada hubungan antara pemilik
modal dan sesorang manajer. Atkinson dan feltham menjelaskan permintaan
informasi berkaitan tentang keinginan untuk :
»
Motivasi agen (manajer)
»
Mendistribusikan resiko
secara efisien
§ Teori
Regulasi
»
Public Interest Theory
Public interest theory percaya bahwa peraturan itu disediakan sebagai jawaban atas
permintaan dari publik untuk koreksi
atas praktek pasar yang tidak adil atau tidak efisien. Oleh karena itu,
peraturan pada awalnya diberikan agar bermanfaat bagi masyarakat secara
keseluruhan dan badan pengatur dipercaya untuk mewakili kepentingan dari masyarakat dimana badan pengatur beroperasi.
» Capture Theory
Tidak seperti private interest theory, capture theory mengakui kemungkinan
bahwa peraturan pada awalnya diberikan
untuk kepentingan publik. Namun, teori ini membantah bahwa peraturan akhirnya
akan dikendalikan oleh pihak yang seharusnya dikendalikan oleh regulasi tersebut.
Di bawah perspektif ini, pihak yang menginginkan tanggung jawab atas
(menangkap) pengatur dengan niat bahwa aturan yang akan dikeluarkan (post-capture) akan menguntungkan bagi
kebutuhan pihak tersebut.
» Regulasi Teori Kelompok Kepentingan Ekonomi
Regulasi teori
kelompok kepentingan ekonomi (regulasi teori kepentingan pribadi) berasumsi
bahwa kelompok akan dibentuk untuk melindungi kepentingan ekonomi tertentu.
Kelompok berbeda dipandang sering tidak sesuai satu sama lain dan kelompok yang
berbeda akan melobi pemerintah untuk memberikan perundang-undangan yang secara
ekonomis bermanfaat bagi mereka (atas biaya yang lain).
v Bagaimana teori - teori
peraturan diterapkan pada praktek akuntansi dan auditing ?
§ Penerapan
teori kepentingan umum (Public interest theory)
Teori ini menghiraukan
studi penelitian yang mengindikasikan bahwa manajer suatu entitas bisnis
memiliki dorongan yang kuat untuk membenarkan anggapan pasar yang salah mengenai aktivitas bisnis mereka.
§ Penerapan
teori pembuatan peraturan (capture theory)
Dalam
hal ini pada dasarnya profesi akuntansi membutuhkan pengesahan standard
akutansi yang bisa dicapai hanya dengan standard yang dimilikinya mempunyai
kekuatan hukum yang didukung oleh legislative. Pada hal ini dapat dilihat bahwa
campur tangan dalam perturan dalam penetapan susunan standard akuntansi di
desain sama dengan kerangka teori kepentingan umum.
§ Penerapan
Teori Kepentingan Individu.
Batasan pada teori
peraturan ini adalah tidak terdapat hubungan mutual secara ekslusif, suatu
kejadian yang diterangkan dengan satu teori mungkin bisa diterangkan sama
baiknya menggunakan teori yang lain. Pada hal ini tidak jelas satu penjelasan
dapat di pertahankan. Cotoh Sarbox yang muncul karena tindakan pemerintah
amerika mengikuti bangkrutnya enron yang dimaksudkan untuk menjamin tingkat
pengusaan perusahaan dalam supervisi dan audit laporan keuangan. Teori ini menjadi
seimbang ketika di observasi dengan suatu kejadian. Dalam hal ini sangat sesuai
jika dilihat dari segi pandang proses politik.
v Penyusunan Standard
sebagai Proses Politik
Penyusunan standard
dipandang sebagai proses politik karena berpotensi secara signifikan menjadi
sangat mempengaruhi dari berbagai kelompok berkepentingan. Oleh karena itu
berbagai kelompok kepentingan berusahan mempengaruhi pengenalan peraturan. Atau
secara singkatnya beda kelompok maka akan beda mempengaruhi peraturan
akuntansi. Pemerintah di berbagai Negara membentuk pembuat peraturan yang
bekerja secara independent yang berusaha untuk menghasilkan standard dengan
kualitas yang tinggi dimana memenuhi kebutuhan para pengguna laporan keuangan
dalam membuat suatu keputusan. Beberapa masalah / kasus yang akuntansi yang
terkait dengan hal ini ( lobby secara politik ). Financial Instrument / Instrument
keuangan dan Intangible Asset/Asset tak berwujud
v Kerangka Peraturan
untuk Pelaporan Keuangan
Kegiatan dari berbagai pihak pembuat
laporan keuangan akan terpengaruh oleh dimana laporan keuangan dibuat; yaitu
hukum, politik social dan ekonomi. Di berbagai negara, terdapat banyak
perbedaan mengenai kerangka peraturan akuntansi keuangan, tetapi ada beberapa
unsur yang sama yaitu :
»
Persyaratan Wajib
»
Tata Pengelolaan
Perusahaan
»
Auditor dan Pengawasan
Badan
Pelaksana Independen_Rangkuman Materi Teori Akuntansi Godfrey_
0 komentar:
Posting Komentar