Selasa, 03 Juni 2014

Applying Theory to Accounting Regulation


v Teori regulasi yang relevan dengan akuntansi keuangan dan auditing

Teori pasar capital menganjurkan bahwa manajemen akan mendapatkan insentif jika sukarela menyediakan informasi akuntansi kepada pihak diluar perusahaan dan membuat informasi tersebut diverivikasi oleh auditor independen. Terdapat beberapa teori yang relevan untuk memahami regulasi dari laporan keuangan antara lain:

§  Teori efesiensi pasar

Ekonom pasar bebas akan berargumen bahwa fungsi pasar beroprasi baik tanpa intervensi pemerintah. Dan dengan efesiensi yang maksimum akan dicapai dengan dorongan permintaan dan penawaran yang diatur oleh pasar.. Akuntansi dapat juga dilihat sebagai industry informasi dengan itu bisnis dari akuntansi adalah memproduksi informasi. Pembela dari penganjur pasar bebas berargumen “seperti produk lainnya kekuatan permintaan dan penawaran harus beroprasi, terdapat permintaan untuk informasi akuntansi oleh pengguna dan penewaran informasi tersebut dari perusahaan yang membuat laporan keuangan. Sebuah titik keseimbangan harga terbentuk secara teori pada informasi akuntansi” .

§  Teori Agensi

Permintaan dari informasi keuangan dapat dikategorikan sebagai keinginan untuk melakukan pengambilan keputusan. Atkinson dan Feltham berargumen bahwa bahwa teori agensi mengingatkan  tentang permintaan tentang informasi keuangan. Teori aggensi berkonsentrasi pada hubungan antara pemilik modal dan sesorang manajer. Atkinson dan feltham menjelaskan permintaan informasi berkaitan tentang keinginan untuk :

»        Motivasi agen (manajer)

»        Mendistribusikan resiko secara efisien

§  Teori Regulasi

»       Public Interest Theory

Public interest theory percaya bahwa peraturan itu disediakan sebagai jawaban atas permintaan dari  publik untuk koreksi atas praktek pasar yang tidak adil atau tidak efisien. Oleh karena itu, peraturan pada awalnya diberikan agar bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan dan badan pengatur dipercaya untuk mewakili kepentingan dari  masyarakat dimana badan pengatur beroperasi.

»       Capture Theory

Tidak seperti private interest theory, capture theory mengakui kemungkinan bahwa peraturan  pada awalnya diberikan untuk kepentingan publik. Namun, teori ini membantah bahwa peraturan akhirnya akan dikendalikan oleh pihak yang seharusnya dikendalikan oleh regulasi tersebut. Di bawah perspektif ini, pihak yang menginginkan tanggung jawab atas (menangkap) pengatur dengan niat bahwa aturan yang akan dikeluarkan (post-capture) akan menguntungkan bagi kebutuhan pihak tersebut.

»       Regulasi Teori Kelompok Kepentingan Ekonomi

Regulasi teori kelompok kepentingan ekonomi (regulasi teori kepentingan pribadi) berasumsi bahwa kelompok akan dibentuk untuk melindungi kepentingan ekonomi tertentu. Kelompok berbeda dipandang sering tidak sesuai satu sama lain dan kelompok yang berbeda akan melobi pemerintah untuk memberikan perundang-undangan yang secara ekonomis bermanfaat bagi mereka (atas biaya yang lain).

v Bagaimana teori - teori peraturan diterapkan pada praktek akuntansi dan auditing ?

§  Penerapan teori kepentingan umum (Public interest theory)

Teori ini menghiraukan studi penelitian yang mengindikasikan bahwa manajer suatu entitas bisnis memiliki dorongan yang kuat untuk membenarkan anggapan pasar yang salah  mengenai aktivitas bisnis mereka.

§  Penerapan teori pembuatan peraturan (capture theory)

Dalam hal ini pada dasarnya profesi akuntansi membutuhkan pengesahan standard akutansi yang bisa dicapai hanya dengan standard yang dimilikinya mempunyai kekuatan hukum yang didukung oleh legislative. Pada hal ini dapat dilihat bahwa campur tangan dalam perturan dalam penetapan susunan standard akuntansi di desain sama dengan kerangka teori kepentingan umum.

§  Penerapan Teori Kepentingan Individu.

Batasan pada teori peraturan ini adalah tidak terdapat hubungan mutual secara ekslusif, suatu kejadian yang diterangkan dengan satu teori mungkin bisa diterangkan sama baiknya menggunakan teori yang lain. Pada hal ini tidak jelas satu penjelasan dapat di pertahankan. Cotoh Sarbox yang muncul karena tindakan pemerintah amerika mengikuti bangkrutnya enron yang dimaksudkan untuk menjamin tingkat pengusaan perusahaan dalam supervisi dan audit laporan keuangan. Teori ini menjadi seimbang ketika di observasi dengan suatu kejadian. Dalam hal ini sangat sesuai jika dilihat dari segi pandang proses politik.

v Penyusunan Standard sebagai Proses Politik

Penyusunan standard dipandang sebagai proses politik karena berpotensi secara signifikan menjadi sangat mempengaruhi dari berbagai kelompok berkepentingan. Oleh karena itu berbagai kelompok kepentingan berusahan mempengaruhi pengenalan peraturan. Atau secara singkatnya beda kelompok maka akan beda mempengaruhi peraturan akuntansi. Pemerintah di berbagai Negara membentuk pembuat peraturan yang bekerja secara independent yang berusaha untuk menghasilkan standard dengan kualitas yang tinggi dimana memenuhi kebutuhan para pengguna laporan keuangan dalam membuat suatu keputusan. Beberapa masalah / kasus yang akuntansi yang terkait dengan hal ini ( lobby secara politik ). Financial Instrument / Instrument keuangan dan Intangible Asset/Asset tak berwujud

v Kerangka Peraturan untuk Pelaporan Keuangan

Kegiatan dari berbagai pihak pembuat laporan keuangan akan terpengaruh oleh dimana laporan keuangan dibuat; yaitu hukum, politik social dan ekonomi. Di berbagai negara, terdapat banyak perbedaan mengenai kerangka peraturan akuntansi keuangan, tetapi ada beberapa unsur yang sama yaitu :

»        Persyaratan Wajib

»        Tata Pengelolaan Perusahaan

»        Auditor dan Pengawasan
Badan Pelaksana Independen

_Rangkuman Materi Teori Akuntansi Godfrey_

0 komentar:

Posting Komentar