Minggu, 23 September 2012

Konsep Dasar Manajemen Pemasaran


Structure of Marketing Theory
  • Industry Sector
  • Small vs Large Firm
  • Domestic vs International
  • Intermediaries vs end User
  • Profit vs Nonprofit
  • Consumen vs Industrial
  • Product Categories
  • Goods vs Services
Complexity of Marketing (five main dimensison)
  • Multiple decision
  • Interaction
  • Time Frame
  • Global factors
  • Multiple Factors
Pemasaran adalah proses prusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan tujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya.

Proses marketing
Pahami pasar dan kebutuhan pelanggan dengan lima sector pelanggan dan pasar :
Konsep inti pemasaran :

  •  Kebutuhan : konsep paling dasar yang mendasari pemasaran. Keinginan : bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaya dan kepribadiannya. Permintaan : keinginan manusia yang didukung oleh daya beli. Penawaran pasar, produk, pelayanan, pengalaman.
  •  Nilai dan kepuasan
  •  Pertukaran dan hubungan pemasaran
  •  Pasar : tempat pertemuan antara pembeli dan penjual.
          Kekuatan dalam sistem pemasaran modern :

·         Pemasok (supplier)
·         Perusahaan (company)
·         Pesaing (competitor)
·         Perantara pemasaran
·         Pasar


Merancang strategi pemasaran yang digerakkan oleh pelanggan : 

  •  Memilih pelanggan yang dilayani
  • Memilih proporsi nilai
  •  Orientasi manajemen pemasaran (5 konsep) :
- Konsep produksi
- Konsep produk
- Konsep penjualan
- Konsep pemasaran
- Konsep pemasaran sosial

Filosofi manajemen pemasaran
  •  Konsep peroduksi : falasafah bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dengan harga yang terjangkau dan memperbaiki produknya.
  • Konsep produk : ide bahwa konsumen akan menyukai produk yang bermutu, kinerja dan keunggulan serta perhatian perusahaan untuk memperbaiki mutu secara terus – menerus.
  • Konsep penjualan : ide bahwa konsumen tidak akan membeli produk perusahaan kecuali perusahaan mengadakan promosi dan penjualan berskala besar.
  • Konsep pemasaran : pencapaian sasaran perusaahan bergantung pada penetuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang lebih efektif dan efisien dari para pesaing lainnya.
  • Konsep pemasaran sosial : perusahaan harus menetukan kebutuhan dan keinginanpasar , melihat pasar dan memberikan kepuasan yang lebih efektif dan efisien dengan memelihara dan meperbaiki kesejahteraan konsumen dan masyarakat. 

Menyiapkan perencanaan dan program pemasaran yang terinteraksi.
Membangun hubungan pelanggan yang menguntungkan
  • Proses menyeluruh untuk membangun dan mempertahankan hubungan pelanggan yang menguntungkan melalui penyerahan nilai dan kepuasan superior pelanggan.
  • Perubahan sifat hubungan pelanggan : memilih pelanggan secara lebih seksama, hubungan jangka panjang, dan hubungan langsung.
  • Manajemen hubungan kemitraan (partner) mitra didalam perusahaan di luar.
Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pelanggan demi tercapainya tujuan perusahaan.
Ruang Lingkup Pemasaran Baru :
  • Era digitalisasi
  • Globalisasi secara cepat
  • Kebutuhan dan tanggung jawab sosial yang lebih besar
  • Pertumbuhan pemasarn nirlaba









0 komentar:

Poskan Komentar